Kajian Sebaran Ruang Publik dengan Analisis Pendekatan Perilaku Pelajar di Kawasan Kotabaru, Yogyakarta

https://doi.org/10.59810/archimane.v3i2.160

Authors

Keywords:

Kotabaru Yogyakarta, Metode kualitatif, Pendekatan perilaku

Abstract

Ruang publik memiliki peran yang penting dalam lingkungan perkotaan sebagai sarana interaksi
sosial, rekreasi, dan berbagai aktivitas masyarakat. Kawasan Kotabaru di Yogyakarta, yang dikenal
sebagai area bersejarah dengan karakter ruang publik yang unik, menarik minat berbagai kalangan,
termasuk pelajar. Metode Penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Data diambil dari foto-foto kawasan Kotabaru, studi sampling, dengan kajian
blokplan. Dilakukan dengan teknik place centered mapping yaitu pengamat mengamati pengguna
memanfaatkan suatu ruang atau bangunan dalam suatu waktu, situasi, dan tempat tertentu.
Pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan, wawancara, serta dokumentasi aktivitas yang
berlangsung di ruang publik pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi distribusi ruang
publik di Kotabaru serta mengidentifikasi pola perilaku pelajar dalam memanfaatkannya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan arsitektur perilaku pelajar di
Kawasan Kotabaru.

References

Adryamarthanino, V. (2023). Mengapa Yogyakarta Disebut sebagai Kota Pelajar? Kompas.Com/Stori.

Ag, S, and M Pd. (2019). “PENDIDIKAN SALAM MUDHARABAH DI BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DITIRO YOGYAKARTA TAHUN 2018 SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Sebagian Syarat-Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata I Oleh.”

Arya, F. (2025). Exploring Kotabaru’s Colonial Architecture: A GIS-Based Heritage Walking Tour. https://geo.mapid.io/blog_read/exploring-kotabaru's-colonial-architecture-a-gisbased-heritage- walking-tour

Hantono, D. (2019). Kajian Perilaku Pada Ruang Terbuka Publik. NALARs, 18(1), 45. https://doi.org/10.24853/nalars.18.1.45-56

Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. THAQAFIYYAT, 13(1), 188–204.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 1. Ed. Mileni. Jakarta: Prenhallindo.

LIE, SHELLA. (2014). “Kajian Penggunaan Ruang Publik Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku (Studi Kasus: PKL Di Jalan Sutomo Medan Dan Sekitarnya).” Pemetaan Perilaku, 79–100.

Marlina, H., & Ariska, D. (2021). Arsitektur Perilaku. Rumoh: Journal of Architecture, 9(18), 47–49. https://doi.org/10.37598/rumoh.v9i18.81

Oldenburg, R. (2009). The Character of Third Places. Common Ground? Readings and Reflections on Public Space. https://doi.org/10.4324/9780203873960-10

Prasastio, Rudhy. 2024. “Nongkrong Di Coffee Shop: Bukan Sekedar Tren, Tapi Gaya Hidup Mahasiswa Jogja.” Kumparan.Com. 2024. https://kumparan.com/rudhy-prasastio/nongkrong-di-coffee-shop-bukan-sekedar-tren-tapi-gaya-hidup-mahasiswa-jogja-22hM7491o0B.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif. Bumi Aksara.

Sanjaya, M., & Sutisna, S. (2020). Tempat Singgah Dukuh Atas Stepover Place. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(1), 93. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i1.6736

Setianingsih, D. A. (2024). Manis dan Pahit Kafe Jadi” Rumah Kedua” Anak Muda. Kompas.id. https://www.kompas.id/baca/muda/2024/09/16/manis-dan-pahit-kafe-jadi-rumah-kedua-anak- muda

Solomon, M. R. (2002). Consumer Behavior. 5th ed. New Jersey: Pretince Hill.

Universitas Widya Mataram Yogyakarta. (2023). Ruang Publik dan Pemanfaatannya. https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/ruang-publik-dan-pemanfaatannya

Wali Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. (2024). Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 47. Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Kawasan Kotabaru. https://peraturan.bpk.go.id/Details/296072/perwali-kota-yogyakarta-no-47-tahun-2024

Published

2025-10-01

How to Cite

Widyadinda, M. G. J., Karang, A. A. A. R. T. A., & Wijayanti, M. R. (2025). Kajian Sebaran Ruang Publik dengan Analisis Pendekatan Perilaku Pelajar di Kawasan Kotabaru, Yogyakarta. Journal of Architecture and Human Experience, 3(2), 165–176. https://doi.org/10.59810/archimane.v3i2.160

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.