Identifikasi Aspek Perancangan Masjid Ramah Anak Berbasis Community Score Card
Keywords:
Ramah Anak ; Desain masjid ; Community Score CardAbstract
Membiasakan anak-anak shalat di masjid penting untuk membentuk karakter dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap suasana masjid yang merupakan wadah kegiatan kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah SWT dan juga wadah sosial. Di beberapa masjid, anak-anak dianggap mengganggu ke-khusukan beribadah, bahkan ada orang dewasa yang tak segan-segan menghardik dan mengancam anak-anak jika mereka bermain dan bercanda di masjid. Masjid-masjid terutama di pusat kota sangat minim jumlahnya yang memberi ruang kreativitas dan aktivitas khusus untuk anak. Terbatasnya ruang bagi anak terlihat dari semakin minimnya jumlah anak-anak bermain dan berkumpul di area masjid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tipikal masjid di Makassar secara umum dalam mewadahi keberadaan anak di masjid serta bagamaimana mendapatkan pendekatan konsep desain masjid ramah anak sebagai acuan dalam desain dan redesain masjid. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan Community Score Card (CSC) adalah partisipatory tool yang digunakan untuk assessment, perencanaan, monitoring evaluasi pelayanan publik. Metode ini melibatkan secara aktif masyarakat sebagai service user dan service provider untuk menyeleseikan permasalahan dalam pelayanan publik secara transparant, akuntable dan partisipatori. (CARE Technical Guidance, 2013). Kebutuhan akan masjid ramah anak di Makassar, agar anak lebih betah berada di Masjid tanpa menggangu aktifitas jamaah yang lain. Aspek lokasi, struktur, kenyamanan ruang dalam, utilitas, tata lansekap, aksesibel, kebutuhan akan ruang klinik, toilet, ruang peralatan, ruang edukasi serta ruang khusus untuk anak merupakan elemen penting dalam mendesain masjid ramah anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with this journal agree to the following terms: (1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal; (2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal; (3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Greenplex Research Journal of Green Complex Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.