Evaluasi Dampak Parkir di Badan Jalan Terhadap Kinerja Lalu Lintas
Keywords:
AHP analysis, Pedestrian bridge, TransportationAbstract
Kota Kupang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki luas wilayah 152,59 km2 dengan 6 kecamatan, dan 51 kelurahan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Kupang, jumlah penduduk Kota Kupang pada 2024 mencapai 466,63 jiwa (BPS Kota Kupang, 2024). Kota Kupang merupakan Ibu Kota Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang terletak di pesisir Teluk Kupang, bagian barat laut Pulau Timor dan Juga merupakan Kota yang terbesar di Pulau timor. Kota kupang saat ini mengalami perkembangan pembangunan yang pesat diberbagai sektor terutama dalam dalam sektor perekonomian. Hal ini berdampak pada semakin padat arus lalu lintas di kota Kupang. Kota Kupang sebagai ibu kota NTT mengalami pertumbuhan pesat di berbagai sektor, terutama ekonomi. Pertumbuhan ini meningkatkan volume kendaraan dan menyebabkan kemacetan, khususnya di ruas-ruas utama, jalan Jenderal Sudirman menjadi titik kemacetan utama akibat parkir kendaraan di badan jalan dan aktivitas pertokoan/perkantoran. Kondisi ini menurunkan kapasitas dan pelayanan jalan, serta menghambat arus lalu lintas. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi kinerja jalan terkait dampak parkir di badan jalan. Di Kota Kupang khususnya Jalan Jenderal Sudirman menjadi salah satu jalan yang sering mengalami kemacetan lalu lintas, terutama pada jam sibuk. Tingginya tingkat kepadatan lalu lintas pada ruas jalan tersebut diakibatkan oleh kendaraan ringan maupun berat, dan sepeda motor yang parkir di badan jalan, dan berhenti di badan jalan pada jam masuk dan pulang kantor, dan juga akibat adanya aktivitas pertokoan yang mengakibatkan kendaraan parkir di badan jalan, sehingga lebar jalan yang digunakan sebagai tempat parkir mengakibatkan menurunnya kemampuan ruas jalan tersebut dengan kata lain menurunnya tingkat pelayanan dan kapasitas ruas jalan tersebut. Pengendalian parkir pada ruas jalan merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengontrol arus lalu lintas yang terjadi pada suatu ruas jalan, agar kemacetan yang sering terjadi dapat diminimalisir. Untuk lokasi dilakukannya penelitian tepatnya pada ruas jalan Jenderal Sudirman depan Master Cell Kuanino sampai Bank Central Pitoby.
References
Ahmad, F. V., & Nadjam, A. (2019). Kemacetan Akibat Fasilitas parkir Pada Badan Jalan Dan Hambatan Samping. In Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil (Vol. 1, No. 1, pp. 478-485).
Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
Gandasaputra, A. (2010). Karakteristik Arus Lalu Lintas dan Tingkat Pelayanan Jalan. Jakarta: Modul Perkuliahan Transportasi, Universitas Tarumanagara.
Idham, M., & Safitri, W. (2021). Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Soekarno-Hatta, Kota Dumai. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 18(1), 76-87.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Preservasi Jalan dan Jembatan.
Kurniawan, S. (2016). Analisis Hambatan Samping Akibat Aktivitas Perdagangan Modern (Studi Kasus: Pada Jalan Brigjen Katamso di Bandar Lampung). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 5(1).
Nugroho, H. K., & Devi, S. M. (2023). PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: JL. MAYJEN SUTOYO GUNUNG MALANG). Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(4).
Ruslan, R., & Idham, M. (2020). Penentuan Jenis Tikungan Dan Geometrik Jalan (Studi Kasus: Jalan Kayu Api Kuala Penaso, Kecamatan Talang Muandau). Jurnal TeKLA, 2(2), 74-80.
Seran, E. N., & Klau, M. J. (2022). Pengaruh parkir di badan jalan terhadap kinerja ruas jalan Cak Doko. Eternitas: Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 40-49.
Untu, S. G., Rompis, S. Y. R., & Waani, J. E. (2021). Analisis Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Derajat Kejenuhan (Studi Kasus: Ruas Jalan Bethesda Kota Manado). Jurnal Sipil Statik, 9(8), 793–801.
Wahyuni, T., & Aziza, T. N. (2017). Upaya Penguatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Samarinda Pasca Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah. Jurnal Borneo Administrator, 13(3), 239-260.
Published
Versions
- 2025-12-01 (2)
- 2025-11-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Gilbert Markpeter Targanski Didoek, Engelbertha Noviani Bria Seran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: (1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal; (2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal; (3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
LOCAL ENGINEERINR Journal of Architecture and Civil Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





