Analisis Kinerja Terminal Penumpang Kota Borong Manggarai Timur

https://doi.org/10.59810/lejlace.v2i1.85

Authors

Keywords:

Kinerja layanan, Importance Performance Analysis (IPA), Internal Factor Evaluation (IFE), SWOT, Terminal

Abstract

Salah satu jenis simpul jaringan transportasi adalah terminal, yaitu kendaraan yang digunakan untuk memuat dan menurunkan penumpang, barang, dan jasa, serta penjadwalan kedatangan dan keberangkatan angkutan umum. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menilai kinerja layanan untuk mengevaluasi apakah kinerja terminal memuaskan atau tidak, serta pendapat pengguna mengenai kinerja terminal dan area potensial untuk perbaikan. Inspeksi langsung adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), atribut tempat ibadah memiliki tingkat kesesuaian terendah (39,43%), sedangkan atribut jalur kedatangan angkutan umum menunjukkan tingkat kesesuaian tertinggi (98,74%); sedangkan terminal berada pada posisi lemah, artinya tidak dapat mengatasi kelemahan yang ada saat ini atau memanfaatkan kelebihan yang dimiliki, menurut analisis Internal Factor Evaluation (IFE) yang memiliki total skor bobot sebesar 2,460. Analisis matriks faktor internal evaluasi (IFE) dengan total skor bobot 2,488 menyimpulkan berada pada posisi lemah. Implementasi strategi hasil analisis SWOT pada Terminal Kota Borong, ialah untuk mengoptimalkan kinerja Terminal Kota Borong pada tahun mendatang.

References

Bachtiar, Zulfahmi, and Ramos Pasaribu. 2023. ‘Dampak Lingkungan Ekologis Akibat Proyek Pembangunan Jalur Rel Light Rapid Transit (LRT) Jabotabek Di Jakarta’. Local Engineering 1 (1): 1–10. https://doi.org/10.59810/lejlace.v1i1.24.

Badan Pusat Statistik. 2021. ‘Profil Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Manggarai Timur’. BPS. 2021.

Dua, Ireneus Kota, and Ade Marwa Banjar. 2014. “Evaluasi Kinerja Terminal Penumpang Antarkota Dalam Propinsi (Studi Kasus Pada Terminal Roworeke - Ende).” TEKNOSIAR 8 (1). http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/TEKNOSIAR/article/view/175.

Edwards, John D. 1992. Transportation Planning Handbook. Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J. https://search.worldcat.org/title/transportation-planning-handbook/oclc/24142482.

Ersilya, Lely, and Yori Herwangi. 2022. “Evaluasi Kinerja Terminal Warumusio Sebagai Terminal Regional Baru Di Kota Baubau.” Jurnal Sinar Manajemen 9 (3). https://doi.org/https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.2626.

Haryono, Sigit. 2013. “Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) Di Kota Yogyakata.” Jurnal Administrasi Bisnis 7 (1): 1–14. http://repository.upnyk.ac.id/6240/.

Hilmy, Abid Naufal, Septiana Hariyani, and Budi Sugiarto Waloejo. 2021. “Evaluasi Kinerja Terminal Tipe B Di Kabupaten Lamongan.” Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE) 10 (4). https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/35.

Latif, A. 2013. ‘Analisis Kebutuhan Pelayanan Kendaraan Umum AKDP Dalam Terminal Alang-Alang Lebar Palembang’. PILAR Jurusan Teknik Sipil 9 (2).

Morlok, Edward K., and Johan Kelanaputra Hainim. 1985. Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000798113834880.

Nurmala, Icha. 2021. “Analisiss Kepuasan Penumpang Terhadap Rekonstruksi Terminal Check-in Counter Di Bandara Udara Internasional Radin Inten II Lampung.” Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta. https://digilib.sttkd.ac.id/1694/.

Rangkuti, Freddy. 1998. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=UHV8Z2SE57EC&hl=id&source=gbs_navlinks_s.

Semiun, Oktovianus Edvict. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Angkutan Kota Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Penumpang Di Kota Kupang.” Rekayasa Sipil 12 (1): 1–78. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil/2018.012.01.6.

Seran, Engelbertha Noviani Bria, and Tri Basuki Joewono. 2019. “Atribut Kualitas Pelayanan ANgkutan Publik Di Kota Bandung.” Jurnal Teknik Sipil 11 (2): 109–31. https://doi.org/10.28932/jts.v11i2.1406.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta.

Umar, Husein. 2003. Strategic Management in Action. Gramedia Pustaka Utama.

Utama, Prasetya, Ody Wahyu, M. Zainul Arifin, and A. WIcaksono. 2014. “Evaluasi Kinerja Terminal Induk Kota Bekasi.” Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya.

Published

2024-05-31

How to Cite

Agung, F., Bria Seran, E. N., & Seran, S. S. L. M. F. (2024). Analisis Kinerja Terminal Penumpang Kota Borong Manggarai Timur. Local Engineering, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.59810/lejlace.v2i1.85

Issue

Section

Articles-Civil Engineering