Komunitas sebagai Pangsa Pasar: Kajian Teori Jaringan-Aktor pada Arsitektur Kedai Kopi pada Café Taru di Pasar Kreatif Jawa Barat

https://doi.org/10.59810/archimane.v3i1.101

Authors

Keywords:

Arsitektur kedai kopi, Komunitas, Pasar kreatif, Teori jaringan-aktor

Abstract

Komunitas dan arsitektur termasuk aktor utama yang saling berhubungan dan mempengaruhi keberhasilan bisnis di berbagai kedai kopi, khususnya di Kota Bandung, Jawa Barat. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana suatu jaringan-aktor terbentuk melalui hubungan komunitas dan arsitektur yang mempengaruhi insiator bisnis dalam merencanakan keberhasilan kedai kopi. Kedai kopi Tansah Rahayu di Pasar Kreatif Jawa Barat dilibatkan sebagai subjek penelitian. Data mengenai hubungan serta pengaruh komunitas dan arsitektur dalam proses bisnis kedai kopi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis teori jaringan-aktor berupa socio-technogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara komunitas yang terdiri dari aktor manusia serta non-manusia, dan arsitektur kedai kopi mempengaruhi proses yang dilakukan inisiator bisnis dalam menarik dan melibatkan aktor-aktor pendukung sehingga tercipta suatu jaringan-aktor dalam realisasi keberhasilan bisnis kedai kopi di Pasar Kreatif Jawa Barat.

Author Biographies

Muhammad Habib Alfakhri, Bandung Institute of Technology

Program Magister Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung

Agus S. Ekomadyo, Bandung Institute of Technology

Agus S. Ekomadyo is an associate professor in Institute of Technology Bandung. His interests are cultural innovation, design thinking, and science and technology studies in architecture.

References

Aslam, Irfan Bari. 2023. “Segmentasi Pasar Konsumen Kopi di Kafe Kopi Sae Surabaya.”

Azhari, Irvan Guruh Fathur, and Syahputra. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Di Kedai Kopipayu Bogor).”

Barkah, Muhammad, Krisna Agustriana, Shania Adhalia Sharif, Agus Suharjono Ekomadyo, and Vanesa Susanto. 2021. “Komparasi Pengaruh Hubungan Keterikatan Tempat Dan Citra Tempat Ketiga Terhadap Desain Kafe.” Jurnal Arsitektur ZONASI 4 (1): 8–20. https://doi.org/10.17509/jaz.v4i1.29926.

Callon, Michel. 1999. “Actor-Network Theory—The Market Test.” The Sociological Review 47 (1_suppl): 181–95. https://doi.org/10.1111/j.1467-954X.1999.tb03488.x.

Callon, Michel. 2021. Markets in the Making. Zone Books. https://doi.org/10.2307/j.ctv1mjqvf7.

Ekomadyo, Agus S., and Andhika Riyadi. 2020. “Design in Socio-Technical Perspective: An Actor-Network Theory Reflection on Community Project ‘Kampung Kreatif’ in Bandung.” Archives of Design Research 33 (2): 19–37. https://doi.org/10.15187/adr.2020.05.33.2.19.

Ekomadyo, Agus S., Nurrohman Wijaya, Vera J. Vardhani, Annas T. Maulana, Hernadi Suhendar, and Vanessa Susanto. 2023. “FIELD OF CREATIVE CULTURE: A STUDY OF CREATIVE MOVEMENT AND INNOVATION OF TERRACOTTA CULTURE IN JATIWANGI, INDONESIA.” Creativity Studies 16 (1): 355–70. https://doi.org/10.3846/cs.2023.15333.

Igiasi, Teguh Setiandika. 2017. “Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik: Studi Tentang Gaya Hidup Masyarakat Kota Tanjungpinang.” Jurnal Masyarakat Maritim.

Latour, Bruno. 2005. Reassembling the Social – An Introduction to Actor-Network-Theory. Oxford University Press.

McMillan, David W., and David M. Chavis. 1986. “Sense of Community: A Definition and Theory.” Journal of Community Psychology 14 (1): 6–23. https://doi.org/10.1002/15206629(198601)14:1<6: AIDJCOP2290140103>3.0.CO;2-I.

Oktafarel, Kevin Mochamad, Mario Khouw, Dinda Nadhila Augusta, Ali Arifin, Agus Suharjono Ekomadyo, and Vanessa Susanto. 2021. “Indonesian Coffee Culture and Heritage: Demystifying the Heritage Value of Coffee Shops inside Historical Buildings in Jakarta and Bandung.” Local Wisdom: Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal 13 (1). https://doi.org/10.26905/lw.v13i1.5088.

Praphasongsit, Aeksirion, Sasiphan Bilmanoch, and korakot Sanjit. 2022. “Marketing Communication Factors Affecting Consumers’ Decision to Use the Service of Slow Bar Type Coffee Shop That Uses a Moka Pot Brewing Method: A Case Study of Sweet Shine Coffee.”

Prasetyo, Eko Bagus, and Agus Suharjono Ekomadyo. 2021. “The Conception of Actor Network in Jelekong Art and Culture Village of Bandung Regency.” ARTEKS: Jurnal Teknik Arsitektur 6 (1): 5–12. https://doi.org/10.30822/arteks.v6i1.286.

Rizal, Randy, and Agus S. Ekomadyo. 2021. “‘MATTER OF CONCERN’ PABRIK ES ALWI ASSEGAF PALEMBANG SEBAGAI BANGUNAN HERITAGE.” Jurnal Koridor 12 (01): 1–13. https://doi.org/10.32734/koridor.v12i01.5123.

Solikatun, Solikatun, Drajat Tri Kartono, and Argyo Demartoto. 2018. “PERILAKU KONSUMSI KOPI SEBAGAI BUDAYA MASYARAKAT KONSUMSI (STUDI FENOMENOLOGI PADA PEMINUM KOPI DI KEDAI KOPI KOTA SEMARANG).” Jurnal Analisa Sosiologi 4 (1). https://doi.org/10.20961/jas.v4i1.17410

Tubaro, Paola, Louise Ryan, and Alessio D’angelo. 2016. “The Visual Sociogram in Qualitative and Mixed-Methods Research.” Sociological Research Online 21 (2): 180–97. https://doi.org/10.5153/sro.3864.

Published

2024-11-13

How to Cite

Alfakhri, M. H., & Ekomadyo, A. S. (2024). Komunitas sebagai Pangsa Pasar: Kajian Teori Jaringan-Aktor pada Arsitektur Kedai Kopi pada Café Taru di Pasar Kreatif Jawa Barat. Journal of Architecture and Human Experience, 3(1), 27–40. https://doi.org/10.59810/archimane.v3i1.101

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)